Retteling Story Bahasa Inggris Narrative I THE NIGHTINGALE’S VOICE



Bird

Hallo sahabat blog sayapku, ketemu dengan Saya lagi. Oh iya.. udah lama banget Saya nggak posting, karena lagi fokus ke UTS. Selain itu  Saya juga sudah punya Laptop sendiri, jadi nggak perlu repot-repot lagi post di Warnet.

Sebelumnya Saya post artikel Cerpenku Humor I Cerpen Pengalaman Pribadi 3 I Penjaga Warnet Sialan

Ok, sekin curhat dari saya, kembali ke Pokok pembahasan ->>

Pada kesempatan kali ini, Saya akan membahas mengenai “Retteling Story Bahasa Inggris Narrative”. Mungkin  sudah tidak asing lagi ya..? ya iyalah.. secara Teks Narrative ini digunakan untuk ujian praktek sekolah, apalagi waktu SMP. Dulu Aku juga begitu, dan kita diminta untuk Retteling Story (Pidato).

Maka dari itu ikuti pembahasannya ->>

Narrative
Narrative Text, adalah teks yang isinya merupakan cerita atau kisah tentang sesuatu. Contoh narrative text: cerita rakyat (folktale), cerita binatang (fable), Legenda (legend), cerita pendek (short story), dan sejenisnya. Di dalamnya terdapat konflik/puncak masalah yang diikuti dengan penyelesaian. Fungsi utama teks ini adalah untuk berkisah atau menghibur pembaca.
Ciri-ciri narrative text:
1. Generic Structure:
·         Orientation: berisi pengenalan tokoh, tempat dan waktu terjadinya cerita (siapa atau apa, kapan dan dimana)
·         Complication: Berisi puncak konflik/masalah dalam cerita. Sebuah cerita boleh memiliki complication lebih dari satu.
·         Resolution: Pemecahan masalah. Bisa berakhir dengan kegembiraan (happy ending) bisa pula berakhir dengan kesedihan(sad ending).
Catatan:
Terkadang juga susunannya (generic structure)Orientation, Complication, Evaluation, Resolution dan Reorientation. Untuk “Evaluation” dan “Reorientation” merupakan optional; bisa ada bisa tidak. Evaluation berisi penilaian/evaluasi terhadap jalannya cerita atau konflik. Sedangkan Reorientation berisi penyimpulan isi akhir cerita.
2. Grammatical features menggunakan tenses “past”
3. Sering menggunakan kata penghubung waktu (temporal conjunction), misalnya: once upon a time, one day, long time ago, …
Untuk lebih jelasnya, klik -> Disini (blog haarr.wordpress)
Berikut hal yang harus diperhatikan dalam Retteling Story :
  • 1.     Perforance (Penampilan)
  • 2.     Fluency (Kelancaran)
  • 3.     Pronunciation (Ucapan)
  • 4.     Content (Isi)
  • 5.     Accurancy (Ketepatan) ; kalau bisa 3 s.d 5 menit
Ini dia story yang dulu aku pakai untuk ujian praktek Retteling Story waktu SMP, cukup sederhana dan simple kok.

Contoh Retteling Story Narrative :

THE NIGHTINGALE’S VOICE

       One day all the bird gathered in the Forest to choose the bird with the best voice, the one which could sing most beautifully. Each bird was to write on a piece of Paper the name of the bird she thought had the best voice.

       Except for the nightingale, each bird wrote her own name on the ballot. The nightingale was too kindhearted, too considerate, to make a choice among her friends, so he did not write any name at all. All the others bird scored her and said of course she would not write anyting because she had the worst voice and she was jealous of the others.

       That night after everybody else had gone to sleep and the forest was silent, the nightingale felt very lonely, and she began to sing sadly with her touching voice.

        From then on, nightingale have sung every night, and they are known as the voiced singer.

untuk cerpen narrative lainnya, tunggu postinganku berikutnya.

Ok guys, mungkin itu dulu yang dapat Saya tuliskan pada kesempatan kali ini. Mohon maaf apabila ada salah kata. Thanks..

Wassalamualaikum..

Belum ada Komentar untuk "Retteling Story Bahasa Inggris Narrative I THE NIGHTINGALE’S VOICE"

Posting Komentar

Ketentuan Berkomentar :
1. Berkomentarlah Dengan Baik Dan Sopan
2. Tidak Punya Akun Beri Komentar Sebagai : Anonymous
3. Dilarang Menyematkan Link Pada Komentar

Don't Flood & Spam

" INFO !! Perbaikan Dead Link Telah Selesai.. Apabila Masih Error Silahkan Gunakan Mirror Link Yang Sudah Kami Sediakan. Salam Blogger. "