Membuat Rangkaian Kontrol Lampu Otomatis

Assalamualaikum..

Pada kesempatan kali ini Saya akan share artikel tentang “Membuat Rangkaian Kontrol Lampu Otomatis”, mari Ikuti pembahasannya.

Sebelumnya Saya mengajak anda untuk berkunjung juga artikelku yang satu ini -->> Download SoftwareDesain PCB menggunakan Livewire PCB Wizard

Rangkaian Kontrol Lampu Otomatis

Rangkaian kontrol lampu taman otomatis ini merupakan suatu rangkaian elektronika sederhana yang dibuat untuk menambah indahnya lampu taman. Dengan adanya alat ini, kita tidak usah setiap hari harus menyalakan dan mematikan saklar. Cukup dengan sekali menghubungkannya dengan sumber AC. Untuk selanjutnya alat ini akan bekerja dengan sendirinya yakni bila ada sinar matahari (pagi) lampu ini akan otomatis mati. Dan bila matahari mulai terbenam (malam) lampu ini akan otomatis menyala. Jadi tidak usah khawatir bila kita lupa mematikannya. Bagian rangkaian terdiri dari dua bagian, yaitu:

1. Sensor, berupa sebuah komponen yang bekerja karena ada rangsangan cahaya. Komponen ini biasa disebut dengan LDR
2.  Dark Switch, berupa rangkaian elektronika sederhana yang bisa mengkonversi input (cahaya) menjadi output yang berupa apa saja sesuai yang dikehendaki dengna memanfaatkan transistor sebagai saklar. Sistem kerja rangkaian ini dibantu dengan relay dengan memanfaatkan input tegangan dari kaki kolektor transistor.



Berikut adalah gambar skema rangkaiannya :


Prinsip Kerja :
Rangkaian ini bekerja dengan memanfaatkan LDR sebagai bagian input. Kita dapat mengatur kepekaan LDR dari variabel resistor yang dihubungkan ke kaki LDR dan basis transistor. Bila cahaya masuk ke LDR maka resistansi LDR akan menurun, sehingga arus akan mengalir ke dalam transistor kemudian menuju relay yang semula lampu terhubung pada kondisi NC menjadi NO. Sehingga lampu akan mati karena terhubung pada kaki relay yang NO. Dan sebaliknya ketika tidak ada cahaya yang ditangkap oleh LDR, maka resistansi LDR akan tetap dan menghambat arus yang masuk ke transistor. Jadi relay yang terhubung ke lampu semula NO menjadi NC dan menjadikan lampu menyala. Pada rangkaian kontrol ini memiliki spesifikasi tegangan sebesar 9 - 15 VDC.

:) SELAMAT BERKARYA :)

Mungkin itu dulu yang dapat Saya tulis pada kesempatan kali ini, Mohon maaf apabila banyak kekurangan.

Belum ada Komentar untuk "Membuat Rangkaian Kontrol Lampu Otomatis"

Posting Komentar

Ketentuan Berkomentar :
1. Berkomentarlah Dengan Baik Dan Sopan
2. Tidak Punya Akun Beri Komentar Sebagai : Anonymous
3. Dilarang Menyematkan Link Pada Komentar

Don't Flood & Spam

" INFO !! Perbaikan Dead Link Telah Selesai.. Apabila Masih Error Silahkan Gunakan Mirror Link Yang Sudah Kami Sediakan. Salam Blogger. "