Membuat Rangkaian Elektronika Pengusir Tikus


     Kali ini Saya akan menjelaskan sesuai dengan judul artikel diatas "Rangkaian Elektronika Pengusir Tikus", ok cekidott ..

     Sebelumnya Saya mengajak anda untuk mengunjungi juga artikelku yang kemarin -->> Membuat Rangkaian Kontrol LampuOtomatis

Rangkaian elektronika pengusir tikus merupakan salah satu aplikasi rangkaian elektronika dalam  kehidupan sehari-hari. Memang betul binatang yang satu ini sangat menyebalkan.

Tingkah lakunya yang sangat bermacam-macam mulai dari buang kotoran di mana-mana, merusak makanan, mengobrak-abrik lemari pakaian dan gudang, menyebarkan penyakit, dan sebagainya.

Gambar rangkaian : 



Dengan adanya rangkaian elektronika pengusir tikus maka akan menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi berbagai “masalah” yang disebabkan oleh tikus ini. Selain alat ini merupakan alat yang ramah lingkungan, alat ini juga bisa digunakan sebagai penyaluran hobi dan mengoprek rangkaian elektronika.

Komponen elektronika yang dibutuhan dalam membuat rangkaian elektronika pengusir tikus tidaklah banyak, murah dan mudah didapatkan di toko-toko elektronik. Skema rangkaian elektroniknya pun bisa dilihat langsung pada gambar di atas.
Rangkaian bisa dibuat pada sebuah PCB. Setelah alat ini dibuat dan dipasang, silahkan dilihat dalam beberapa hari maka akan terlihat hasilnya. Tikus akan pergi dan tidak akan datang lagi.

Penjelasan

Secara sederhana rangkaian elektronika pengusir tikus ini adalah sebuah oscilator yang mengeluarkan gelombang ultrasonic pada kisaran frekuensi 20 – 40 KHz. Gelombang ultrasonic yang dihasilkannya tidak akan terdengar di telinga kita tapi akan sangat mengganggu sekali bagi telinga tikus. Base Frequency lalu dimodulir dengan signal 50 Hz yang didapat dari frekuensi tegangan jala-jala PLN melalui kapasitor C4 (untuk menghindari tikus menjadi kebal terhadap alat ini) sehingga akan dihasilkan ayunan frekuensi antara 20 – 40 KHz secara periodik.
Jantung rangkaian pengusir tikus elektronik adalah sebuah IC tipe 555 yang sudah sangat populer, murah dan serba guna.

Daftar lengkap komponen elektronika yang diperlukan berikut ini (sesuai dengan gambar skema rangkaian di atas).

R1       … 1K
R2,R3  … 15K
C1       … 1nF
C2       … 1uF/16V
C3       … 10nF
C4       … 220nF
C5       … 1000uF/16V
D1..D4 … 1N 4001
IC1      … 555
Tr1       … Trafo 6V/200mA
TD1     … speaker tweeter bentuk corong
F1        … Fuse/sekring 50 mA

 Gunakan loudspeaker dari piezo electric atau speaker tweeter bentuk corong agar frekuensi ultrasonic-nya lebih efektif. Pengusir tikus elektronik ini efektif untuk ruangan seluas maksimal 200 m2 asal penempatannya tepat. Bisa diletakkan misalnya di pojok atas ruangan agar frekuensi noise-nya bisa menyebar ke seluruh ruangan tanpa halangan. Nyalakan secara terus menerus untuk menjaga agar tikus tidak datang lagi, tidak usah khawatir dengan konsumsi listriknya karena daya listrik yang dibutuhkan cukup rendah, masih lebih besar lampu bohlam 5 watt/220 volt. Pengaturan frekuensi dsb. tidak diperlukan.


Setelah selesai merakit, mohon diingat cek sekali lagi dan pastikan semua komponen dan sambungan elektroniknya terpasang dengan benar tanpa salah sedikitpun sebelum mengoperasikannya pertama kali. Untuk mengecek keluaran dari  rangkaian elektronika pengusir tikus ini bisa dengan mengganti kapasitor C1 dengan nilai yang lebih besar misalnya 10nF, maka suara yang dikeluarkan akan masuk pada daerah ambang pendengaran manusia, setelah itu kembalikan lagi kapasitor seperti semula yaitu 1nF.

Mungkin itu saja yang dapat Saya tulis, mohon maaf apabila ada kekurangan.

10 Komentar untuk "Membuat Rangkaian Elektronika Pengusir Tikus"

  1. Mantab !! Thanks sob sudah berbagi ilmu ...............................



    bisnistiket.co.id

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas informasinya, kami dari TOA jogja :)
    TOA

    BalasHapus
  3. Tikus memang menyebalkan, tetapi ia juga hamba Allah.hehe

    Salam,
    Pestronik Murah
    Pengusir Tikus Pestronik

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. kalo suka sama tikus ngapain bikin rangkaiannya sob, :) hehe bercanda sob..

      Hapus
  4. untuk speaker tweeter-nya yang berapa ohm ya hambatannya?

    BalasHapus
  5. makasih gan, akan saya coba bikin...

    BalasHapus
  6. artikelnya keren gan , sangat bermanfaat semoga sukses selalu


    Jual Perangkap Tikus Surabaya

    BalasHapus

Ketentuan Berkomentar :
1. Berkomentarlah Dengan Baik Dan Sopan
2. Tidak Punya Akun Beri Komentar Sebagai : Anonymous
3. Dilarang Menyematkan Link Pada Komentar

Don't Flood & Spam

" INFO !! Perbaikan Dead Link Telah Selesai.. Apabila Masih Error Silahkan Gunakan Mirror Link Yang Sudah Kami Sediakan. Salam Blogger. "