Membuat Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555


Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas seperti judul artikel yang diatas "Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555", ok, langsung saja berii..

Sebelumnya Saya mengajak anda untuk mengunjungi artikelku yang kemarin -->>  Membuat Rangkaian Elektronika Pengusir Tikus

Klik Lanjutkan membaca dibawah ini untuk lebih jelasnya -->>


Pengertian

Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555 merupakan charger batere yang dapat digunakan untuk mengisi muatan aki basah (accumulator). komponen utama yang digunakan pada rangkaian charger batere otomatis ini adalah komparator internal IC NE555 yang difungsikan untuk membaca level tegangan charge batere. Rangkaian ini dapat mengisi accu basah dan setelah muatan terisi penuh maka rangkaian “Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555″ ini akan memutus arus pengisian secara otomatis. Rangkaian Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555 ini menggunakan relay sebagai pemutus arusnya. 

Rangkaian Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555 ini dapat digunakan untuk mengisi accu 12 volt dan 6 volt, tergantung dari seting titik referensi dan pemilihannya. Pembacaan tegangan puncak (full charge) menggunakan komparator yang ada pada IC NE555. Rangkaian ini dilengkapi saklar Starter charging yang berfungsi untuk memulai proses pengisian accu tersebut.

Untuk membuat “Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555″ dapat melihat skema rangkaian dan komponen yang digunakan seperti pada gambar berikut.

Rangkaian Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555




Rangkaian Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555 diatas menggunakan Power Charge berupa transistor NPN A671 dan pembatas arus pengisian adalah R 27 Ohm. Tegangan referensi penanda posisi full charge diatur dengan 2 buah variable resistor 22K dan pemilihannya dengan saklar selektor. Titik yang dipilih saklar tersebut diatur ke 14 Volt untuk Accu 12 Volt dan 7,5 Volt untuk accu 6 volt. Transitor A671 pada rangkaian “Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555” dapat diganti dengan tipe yang lebih besar, transistor ini perlu dilengkapi dengan pendingin, karena akan mengeluarkan panas pada saat charger digunakan.


OK, Mungkin itu dulu yang dapat Saya tulis pada kesempatan kali ini, Mohon maaf apabila banyak kekurangan.

9 Komentar untuk "Membuat Charger Baterai Otomatis Dengan IC 555"

  1. Dik Sabadi Adi. Saya salut dengan isi blog yang bagus dan bernanfaat ini. Boleh tanya, Dimana saya bisa membeli battery rechargeable Lead Acid 6V 4.0h di Depok. Saya memerlukannya untuk lampu emergency. Terima kasih atas informasinya.

    P. Bas

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah,, terima kasih banyak pak.. :)
      kalo itu ditoko elektronik kan ada, tapi kalo tdk ada biasanya Saya cari alternative belanja online elektronika.. pasti ada..

      Hapus
  2. Mas rangkaian ini bisa untuk mengecas baterai nicd(baterai tamiya) ngeng gak mas tolong dijawab tanks

    BalasHapus
  3. Mas tp itu fungsi nya untuk apa dan di sambungkan dengan apa?.tolong dijawab ya mas tanks

    BalasHapus
  4. Mas..maksud tp pada gambar diatas itu apa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ente lihat di mbah google rangk seri paralel//

      Hapus
  5. mas, itu apa bisa ngecas sampai cut off di 14 volt untuk aki 12 volt. itu kan ada ic regulator nya lm7812. maaf mas saya baru belajar.

    BalasHapus

Ketentuan Berkomentar :
1. Berkomentarlah Dengan Baik Dan Sopan
2. Tidak Punya Akun Beri Komentar Sebagai : Anonymous
3. Dilarang Menyematkan Link Pada Komentar

Don't Flood & Spam

" INFO !! Perbaikan Dead Link Telah Selesai.. Apabila Masih Error Silahkan Gunakan Mirror Link Yang Sudah Kami Sediakan. Salam Blogger. "