Cerpen – Tukang Copas Sialan


Cerpen – Tukang Copas Sialan – Pada kesempatan kali ini Saya akan berbagi sebuah cerpen, semoga bermanfaat.


Tukang Copas Sialan
Karya : Sabadi

Seorang blogger pasti kenal yang namanya tukang copas atau istilahnya yaitu copaser. Yupss.. yaitu orang yang gemar atau hoby copy + paste artikel karya seseorang. Seorang blogger juga pasti tidak rela jika artikelnya sering di copas oleh orang lain, apalagi copas tanpa izin atau tanpa mencantumkan nama/ sumber blog yang di copas. Itu sungguh menyebalkan.

Sebagai contohnya yaitu gue sendiri, blog gue ini jadi korban sekaligus langganan copas. Setiap gue nulis artikel karya gue sendiri pasti beberapa hari kemudian langsung di sedot oleh copaser-copaser sialan itu. Sebenernya apa sih manfaat/ tujuan seorang copaser itu..? Kalau menurut gue sama sekali nggak berguna dan bermanfaat.
Mencopas artikel karya orang lain sama saja mencuri barang milik orang lain. Hey para copaser.. Loe mau dikatain sebagai maling..??!! Lebih baik kalian sadar.. karna sadar itu lebih baik..

Selain itu kegiatan copas juga menjadikan kita sebagai orang yang tidak kreatif. Imajinasi kita menjadi tidak berkembang/ buntu. Lebih baik menulis artikel sendiri daripada mencopas, ya.. walaupun artikel yang kita tulis masih acak-acakan, tapi itu merupakan asli/ murni karya kita.

Jujur gue paling benci yang namanya copas tanpa izin, udah copas tanpa izin lagi.. mending kalau copas tapi izin dulu sama penulisnya.. Gimana nggak jengkel coba.. gue akui, gue juga pernah meng-kutip artikel blog sebelah, tapi itupun nggak gue kutip semuanya. Tapi masih gue usahain buat mengembangkan artikel itu sesuai dengan kemampuan dan kreatifitas gue. Itu aja juga harus menyertai sumbernya.
Akhir-akhir ini gue semakin curiga banyak blog yang men-duplicate artikel-artikel gue (nggak usah gue sebutin satu-satu nama blognya) Yang penting semoga kalian sadar akan buruknya men-copas itu.

Asal kalian tau gue mulai mendirikan blog ini mulai dari 0. Dan itu pun dengan jerih payah gue sendiri. Jadi hargailah karya-karya gue dengan tidak menduplicatenya. Memang ada seorang blogger yang mengijinkannya blognya boleh di copas, tapi setidaknya hargailah karya mereka juga dengan mencantumkan sumber blog tersebut.

Disini gue juga mau meluruskan bahwa copas untuk menduplicate dengan copas untuk pengetahuan itu berbeda. Kalau copas untuk menduplicate berarti kalian melakukan kegiatan ctrl c + ctrl v untuk di posting ulang lagi, dan asal kalian tau kegiatan ini sangat dibenci dalam dunia blogger. Namun jika copas untuk pengetahuan berarti sobat telah melakukan kegiatan ctrl c + ctrl v dengan tujuan untuk mencari wawasan/ ilmu (misalnya mencari artikel untuk tugas sekolah). Ingat, artikel yang kita buat ini tujuannya bukan untuk di copas mentah-mentah melainkan untuk dibaca atau sebagai pengetahuan. (sbd)

Cerpen ini Saya tulis dan ditunjukkan kepada para copaser yang tidak bertanggung jawab dan seenaknya saja.

SAY NO COPAS !!! KATAKAN TIDAK PADA COPAS

~ Coretan Gue ~

Demikian Cerpen – Tukang Copas Sialan – Semoga bisa mengambil hikmahnya.

Belum ada Komentar untuk "Cerpen – Tukang Copas Sialan"

Posting Komentar

Ketentuan Berkomentar :
1. Berkomentarlah Dengan Baik Dan Sopan
2. Tidak Punya Akun Beri Komentar Sebagai : Anonymous
3. Dilarang Menyematkan Link Pada Komentar

Don't Flood & Spam

" INFO !! Perbaikan Dead Link Telah Selesai.. Apabila Masih Error Silahkan Gunakan Mirror Link Yang Sudah Kami Sediakan. Salam Blogger. "