Cara Agar Video Youtube Tidak Dicekal Di Semua Negara


Cara Agar Video Youtube Tidak Dicekal Di Semua Negara

Cara Agar Video Youtube Tidak Dicekal Di Semua Negara - Halo guys.. Waktu liburan sudah habis.. hadehh.. jadi kurang semangat nih :D

ok, Pada kesempatan kali ini Saya akan memberikan sedikit tips mengenai "Agar Video Youtube Tidak Dicekal Di Semua Negara". Mungkin ini termasuk pengalaman Saya juga.. waktu itu Saya blm ngerti ternyata youtube bisa melakukan pemblokiran akibat video terkena cekal.


Mungkin sobat pernah atau kesal saat video yang diupload terkena pentung atau third party content.. bagi yang terkena itu hati2 aja sob,, hal itu bisa menyebabkan "Kehilangan akses Chanel youtube" kesayangan sobat..

Saya pernah mengalaminya dan terpaksa harus buat email dan akun lagi.. re-upload semua video dll.. pokoknya ribet dah.. :(

Ini contoh channel youtube punya Saya yg terkena "Pemblokiran akses/ penghentian akun" 

dan pada akhirnya terpaksa harus buat lagi.. -_- karena memang sudah tidak bisa dipulihkan/ block permanen.

Nah buat sobat yang nggak pegen hal itu terjadi, berikut tips ala Saya.. Semoga dapat membantu pengetahuan sobat..

1.) Usahakan upload video kreasi sendiri (karya sobat sendiri)
Cara ini sangat aman karena Saya sudah mencobanya sendiri. Ya mungkin sobat bisa membuat video rekreasi, tutorial, cover atau yg lainnya. Pokoknya dibuat semenarik mungkin.

2.) Hindari Re-Upload video orang lain yang ada di youtube.
Intinya Jangan sekali-kali sobat upload video orang lain, karena video tersebut kadang mempunya hak ciptanya sendiri yang bisa mengancam akun sobat.. bisa-bisa akses chanel youtube bisa dihentikan -__-

3.) Buat Video Tutorial dan Cover Musik
Cara ini cukup aman karena biasanya yang mengandung unsur hak cipta adalah video musik sedangkan tutorial video termasuk aman.. meskipun biasanya bisa saja terkena cekal karena backsound video tutorial yang sobat gunakan masih mengandung hak cipta.. 

Untuk backsound Silahkan cek postingan ane sebelumnya DISINI. Karena situs itu diperuntukan untuk menghindari third party content. Dan tentunya FREE alias gratiss..

4.) Jaga akun dengan mengikuti pedoman Komunitas youtube..
Intinya hindari reputasi buruk karena itu bisa menyebabkan penghentian akun permanen..
Bagi yang ingin cek "Reputasi akun Youtube" bisa dilihat di https://www.youtube.com/features

Contoh Akun yg terblokir permanen (channel lama ane) :'(
bahkan ane ajukan permohonan via e-mail pun tetap ditolak.. jadi buat ente hati2 aja jgn sampe kayak ane..


Mungkin dari 4 point diatas bisa disimpulkan bahwa Penghentian akun youtube bisa dilakukan karena alasan tertentu. Misalnya sobat Mencuri/ mengupload video ulang orang lain tanpa izin, sehingga orang tersebut melaporkan akun sobat dan meng-Klaimnya..


56 Komentar untuk "Cara Agar Video Youtube Tidak Dicekal Di Semua Negara"

  1. ada di video youtube mas yang memasukkan lagu orang lain, tapi kenapa gak dicekal, seperti video lagu WALI, saat saya masukkan lagu juga padahal cuma setengahnya langsung aja kena cekal. itu caranya gimana, masa hanya bisa ambil lagu dari situs yang mas buat di atas, saya juga lihat banyak video yang lain dengan lagu yang sama dengan yang saya buat, tapi mereka aman-aman aja, bisah kasih tau caranya mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga sering mengalaminya gan.. itu biasanya mereka blm terkena aja (nanti pasti juga kena). Tapi pernah kejadian juga waktu itu Saya buat video clip lagu + saya tambah karaoke setengah bulan udh kena claim.. sedangkan org lain malah re-upload video milik saya itu dan sampe skrng masih aman.. agak jengkel dan aneh juga sih, tapi jujur saya juga blm tau alasannya apa kok bisa masih aman.. klo mau yg paling aman ya bikin tutorial video aja gan.. atau musik band indie (biasanya klo band yg blm punya label bisa aman)

      Hapus
  2. thx gan atas informasinya, sudah sangat membantu... Good job

    BalasHapus
  3. thx gan atas informasinya, sudah sangat membantu... Good job

    BalasHapus
  4. gan mau tanya, saya ada upload video lirik trus ada pemberitahuan third party content, saya gk mau kehilangan email dan akun saya, trus apa yg saya hrus lakuin gan, mohon petunjuk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu artinya ada konten audio/ video yg ada hak ciptanya.. mereka bisa saja sewaktu-waktu meng-claim dan berakibat buruk pd channel kita.. saran aja mendingan di hapus/ di private video.. buat video se asli-aslinya karya kita..

      Hapus
  5. makasih gan, jadi makin tau ,
    dari komen diatas misal kita buat video lirik sendiri pake lagu avril, itu ntar dicekal ya gan, karena itu lagunya avril? sekalipun kita yang buat sendiri pake moovie maker? :D
    pencerahannya ya gan, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi video terkena claim/ third party content.. karena konten visual maupun audionya masih ada hak cipta dari labelnya.. saran ane sih buat video cover gitar musik aj yg lebih aman.. :D

      Hapus
    2. saya buat cover video musik maseh bisa di cekal gan, gmna mengatasi nya.. di septian heavy metal ID saya gan,, 9 negara mencekal video saya..

      Hapus
  6. saya juga upload video klip taylor swift video saya di cekal langsung saya hapus. masih aman gak ya akun saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi vc taylor swift jelas langsung kena strike.. tapi kalau langsung didelete masih memungkinkan bisa aman.. coba cek reputasi channel ente di link di atas..

      Hapus
  7. Gan, kalo misalnya video youtube gk bisa di tonton lwat andro tpi lwat pc bisa itu knapa ya ?? Pdahal ane cma mau dngar lgu saosin tpi kok video dicekal di perangkat gitu katanya.. help gan..

    BalasHapus
  8. Gan, kalo misalnya video youtube gk bisa di tonton lwat andro tpi lwat pc bisa itu knapa ya ?? Pdahal ane cma mau dngar lgu saosin tpi kok video dicekal di perangkat gitu katanya.. help gan..

    BalasHapus
  9. tergantung om.. biasanya itu karena sudah terkena cekal dibeberapa negara, sehingga kalo ente masuk/ nonton lewat server dari negara yg berbeda jadi hasilnya ya berbeda..

    BalasHapus
  10. sama aja gan, di danosongs juga bayar dulu baru bisa pake lagunya, atau sekurang-kurangnya donasi dulu 10 dollar

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu gratis om.. coba lihat video tutor di channel ane sebagian make lagu di danosong.. mungkin skrng udh di ubah jadi berbayar..

      Hapus
  11. Kalau menurutku sih pake lagu daerah gan aman, iyakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu jg gak menjamin gan, karna lagu daerah jg ada claimnya..

      Hapus
  12. Tapi kok agan upload lagu2 kangen band kok aman dan sehat sentosa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karna sebagian ane udh izin sama pihak terkaitnya gan, selain itu ane jg buat jadi versi karaoke.. sebagian lagi lagu indie jadi blm ada claimnya..

      Hapus
    2. itu karna sebagian ane udh izin sama pihak terkaitnya gan, selain itu ane jg buat jadi versi karaoke.. sebagian lagi lagu indie jadi blm ada claimnya..

      Hapus
    3. ijin gimana , mas??
      cara minta ijin kepihak terkaitnya. Di message-in ato gmn, mas?

      Hapus
  13. kalo cara reupload video orang lain biar kagak di cekal gimana sob ? kasih trik nya dong ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane saranin jgn gan, itu rawan cekal.. selain itu jg kita jadi gak kreatif.. tapi kalo misalkan mau sekedar coba2 ane saranin jgn sama persis/ plek,, ya minimal di poles dikit lah videonya (dibuat jadi berbeda sekreatif mungkin) tanpa menghapus nama si pemilik video tersebut

      Hapus
  14. Gimana cara menyarankan audio si pemilik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo itu ane pernah nanya di forum gan,, katanya hanya yg mempunyai subscribers banyak (tapi minimalnya berapa ane lupa)..

      Hapus
  15. gan. gua suka main game nih. terus gua buat rekaman sendiri hasil yg gua mainkan terus gua upload di youtube . Tapi kenapa kena berlisensi hak cipta? padahal jelas2 gua hasil rekaman sendiri dan gamenya hasil usaha gua sendiri??

    BalasHapus
  16. biasanya memang gitu gan.. walaupun ente rekam sendiri tapi dari pihak terkait/ developer dari game tersebut bisa saja claim video tersebut karna mereka masih memiliki hak untuk itu.. saran ane sih kalo bisa izin dulu dan biasanya penghasilannya dipegang oleh mereka (monetized)

    BalasHapus
  17. Iya gan, video ane juga barusan dicekal. Padahal lagunya cuman instrumentalnya doang. Apa harus di videonya di kasih tulisan "song by blabla"?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu jg gak menjamin gan, ente dicekal karna ada audio yg berhak cipta.. walaupun instrumental tapi konten audio bisa jg bisa rawan cekal..

      Hapus
  18. Bang, Video saya kan ada yang dicekal karena hak cipta, trus masih aman gak?. Saya mau hapus videonya, tapi di kolom "video saya" video itu gak ada. Kenapa ya? Tolong di jawab

    BalasHapus
  19. Bang, Video saya kan ada yang dicekal karena hak cipta, trus masih aman gak?. Saya mau hapus videonya, tapi di kolom "video saya" video itu gak ada. Kenapa ya? Tolong di jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. tdk aman gan.. saran : langsung hapus saja,, mungkin sudah ter delete otomatis oleh pihak dari sananya..

      Hapus
  20. Gan kalo saya mau liat daftar yg kena cekal nya itu video atau lagu dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya ada notifikasinya gan,, di "my video/ pengelolaan video"

      Hapus
  21. Hay numpang tanya, saya mau nntn film india pas dibuka katanya "pengupload belum menyediakan video ini dinegara anda" mohon bantuan nya

    BalasHapus
  22. Gan saya pernah reupload video ultraman dari suatu fansubs ke youtube, dan video itu dicekal. Beberapa bulan kemudian video itu gk dicekal lagi dan bisa ditonton. Video itu bisa ditonton lagi kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung kebijakan pihak youtubenya om.. selengkapnaya coba baca di yt langsung aja

      Hapus
  23. Ada gak cara mengembalikan video yg sudah dicekal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak ada,, kecuali video itu bener2 asli punya ente.. bisa di claim..

      Hapus
  24. sedikit saran sobat, bagi para youtubers yang khawatir vedeonya di cekal gara2 musik latarnya yang berkah cipta, ada dua solusi yang saya tahu, yang pertama gunakan musik yang sudah di sediakan oleh youtube sendiri, dan yang kedua pilih musik daerah, misalnya lagu bugis dan semacamnya, cukup dengan menghilangkan nada lagu pada musiknya kita bisa gunakan musik itu sebagai latar pada vedeo

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Saya ngambil video di yt dengan conten creative commons tapi masih di cekal . Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. usahakan karya sendiri lebih aman gan.. kalo masalah audio skrng bnyk udh disediain dri pihak ytnya sendiri.. tinggal kita yg kreatif..

      Hapus
  27. Mas mau tanya kenapa banyak film di youtube yang tidak dicekal padaha sudah bertahun tahun . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi konten sudah disetujui oleh pihak klaim,, iklan sepenuhnya diambil oleh creator..

      Hapus
  28. Kalo buat video fingerstyle lagu pakai gitar trs di upload itu harus ada persetujuan pihak ke 3 atau g?.thanx

    BalasHapus
  29. Ane upload video armor hero dan giant savers yg udah di sub malah kena cekal

    BalasHapus
  30. Gan sabadi satura mau nanya , apakah agan waktu pertama kali uploud video ke YouTube itu ada nonton kah ? Soalnya ane uploud video ga ada yang nonton mulu padahal itu video buatan sendiri original. Apa ada yang perlu di perbaiki data sebelum dipublikasikan ? Mohon bantuannya:(
    Bisa kirim bantuannya ke email upaybzl07@gmail.com .terimakasih di tunggu ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bnyk faktornya om..
      sebelumnya sudah pernah ane bahas om, silahkan cari di label :Tips & Trik"

      Hapus

Ketentuan Berkomentar :
1. Berkomentarlah Dengan Baik Dan Sopan
2. Tidak Punya Akun Beri Komentar Sebagai : Anonymous
3. Dilarang Menyematkan Link Pada Komentar

Don't Flood & Spam

" INFO !! Perbaikan Dead Link Telah Selesai.. Apabila Masih Error Silahkan Gunakan Mirror Link Yang Sudah Kami Sediakan. Salam Blogger. "